Pages

Home » » Pelatihan Penyiaran dan Jurnalistik Media

Pelatihan Penyiaran dan Jurnalistik Media

Written By reportase chalik on 19 Mei 2011 | 00:59

SB - UPTD Radio Suara Bersatu yang merupakan Radio Publik menyelenggarakan Pelatihan Penyiaran dan Jurnalistik Media, Rabu (18/05) di Aula Badan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sinjai.

Pelatihan yang bertemakan "Menuju Media Profesional dalam bingkai Penyiaran dan Penerbitan Berkualitas" secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sinjai, Drs. Andi Grandiyanto Asapa di dampingi Kepala Bidan Aptel Bakominfo, Lukman S.Pd

Kepala UPTD Radio Suara Bersatu, Ahmad Karim mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang peran media penyiaran dan penerbitan dalam pembangunan nasional.

Selain untuk memberikan gambaran umum tentang media penyiaran sebagai salah wadah penyampaian informasi kepada masyarakat serta guna mengembangkan potensi dan peran radio komunitas dan media penerbitan sekolah dalam mendukung terselenggaranya keterbukaan informasi publik yang bertanggungjawab.

"Pelatihan selama dua hari ini diikuti oleh komunitas radio yang ada di sinjai, kemudian penyiar dan reporter suarara bersatu serta dari kalangan pegawai dan pelajar", Tambah Ahmad Karim yang juga selaku Ketua Panitia.

Sementara itu, A. Grandiyanto Asapa dalam sambutannya berharap agar melalui pelatihan internal ini, pengetahuan dan wawasan para pengelolah radio baik radio komunitas maupun publik dan media sekolah akan semakin bertambah.

"Kami memandang bahwa peningkatan kualitas siaran radio dan media cetak saat ini sudah menjadi sebuah tuntutan yang mutlak dan harus bisa dipenuhi oleh setiap pengelolah lembaga siaran radio dan media, termasuk bagi pengelolah radio publik dan komunitas serta media penerbitan dikampus maupun disekolah", Lanjutnya.

Tanpa adanya kemampuan untuk meningkatkan kualitas siaran maka siaran radio akan semkin ditingalkan oleh masyarakat dan semakin terpinggirnya didalam perkembangan teknologi komunikasi.

Ia menceritakan bahwa sampai dengan pertengan sekitar tahun 1980 an, siaran radio pernah berada pada masa keemasannya, baik radio yang dikelolah pemerintah maupun swasta, sama-sama memiliki posisi sangat bergensi didalam aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari.

Ketika itu menurutnya, Radio Pemerintah masih memegang arus utama informasi, dan bahkan menjadi me4dia komunikasi andalan yang dipergunakan pemerintah disamping TVRI. Pada masa itu pula, radio-radio siaran swasta bisa tumbuh dan berkembang sebagai

media hiburan dan juga media iklan. mereka tumbuh dan berkembang berkat dukungan dan periklanan yang mengalir dengan sangat besar.

Masa keemasan tersebut mulai meredup, ketika radio tidak lagi menjadi satu-satunya media andalan baik sebagai media informasi maupun media hiburan.

Dengan latar belakang seperti itulah maka penting bagi para pengelola siaran radio untuk terus meningkatkan kapasitas diri, agar mampu menyajikan kekuatan bersaing dengan kekuatan media-media lainnya.

"Bagaimanapun peran radio didalam arus komunikasi publik tidak dapat diabaikan, mengingat radio seperti halnya media komunikasi lain, mempunyai spesifikasi dan kelebihan serta kekuatannya tersendiri sebagai sebuah media komunikasi", Lanjut Grandyanto yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Diknas Sinjai.

Diakhir sambutannya ia meminta agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh peserta. Dengan pelatihan ini tentu akan banyak manfaat yang bisa diperoleh demi kemajuan radio kedepan . " Semoga eksistensi siaran radio tetap kuat ditengah persaingan antar media yang semakin ketat saat ini", Harapnya.

Kegiatan pelatihan tersebut, menghadirkan pembicara, Pudja Sutamat yang merupakan Operation Manager Delta FM Makassar, Sekertaris APRASI SulSel, Has Yuyun Ardin dan Head Of Product Smart Fm Makassar, Silvana Roselin Dungio.

Adapun materi yang disampaikan seperti penyusunan program dan format siaran, produksi siaran dan mengenai pemberitaan media elektronik dan cetak, plus diskusi atau rangkuman seluruh materi oleh Kontributor SUN TV, Zainal Abidin Ridwan. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger