Pages

Home » » Seminar Dalam Rangka HUT IBI Ke 60 Tahun 2011

Seminar Dalam Rangka HUT IBI Ke 60 Tahun 2011

Written By reportase chalik on 26 Mei 2011 | 01:22

SB - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Sinjai menggelar Seminar Bidan Cerdas Indonesia Sehat dengan para anggotanya yang berjumlah 258 bidan Se-Kabupaten Sinjai.

Seminar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) IBI Ke 60 Tahun 2011 yang dilangsungkan di Gedung Wisma Hawai Sinjai, Selasa (24/05) dibuka Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai, Dr. Nikmad Bade Situru, mewakili Bupati.

Turut hadir dalam seminar dengan tema " Penguatan Profesi Bidan Dalam Mendukung Percepatan Pencapaian MDG'S 2015 " itu Ketua Pengurus Daerah IBI Propinsi SuLSel, HJ. Waode Aliah dan Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Sinjai, Hj. Nurzani. Hadir pula Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 1424 Sinjai, Wakil Ketua DPRD dan undangan lainnya.

Sekertaris Panitia, Hj. Nursaidah mengatakan, Seminar sehari ini merupakan salah satu rangkaikan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT IBI ke 60 Cabang Sinjai.

Selain para bidan, kegiatan ini juga diikuti masyarakat umum dan mahasiswa Akademi Kebidanan (AKBID) Madani Sinjai.

"Seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau ilmu kepada para bidan bagimana menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi" Tambah Bidan Nursaidah yang juga selaku Sekertaris IBI Sinjai.

Ia menilai, dari hasil evaluasi yang dilakukan setiap pertriwulan, angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Sinjai mengalami penurunan setiap tahunnya. Meskipun demikian namun peran bidan harus tetap ditingkatkan termasuk pelayanan kepada masyarakat.

Ketua IBI Propinsi SuLSel, Bidan HJ. Waode Aliah dalam sambutannya mengatakan, berbicara tentang Bidan, kita tentu mengingat kontribusi besarnya membantu mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Bidan memiliki peran untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

"Semua orang punya tanggung jawab yang sama untuk mendukung pembangunan kesehatan menuju Indonesia Sehat. Bidan sebagai garis terdepan siap melayani masyarakat kapanpun dibutuhkan", Tegasnya.

Terkait dengan itu, maka kualitas para bidan dalam melayani masyarakat lebih ditingkatkan, baik dengan cara belajar atau mengikuti pendidikan maupun melalui pelatihan.

Dalam sambutannya, ia berpesan agar seluruh bidan yang ada utamanya di Sinjai agar bekerja dengan baik sesuai dengan standar. "Jadi mari kita bekerja dengan baik dan melayani masyarakat sepenuh hati, Hal lain bagaimana menurunkan angka kematian ibu dan bayi secara terus menerus", Harapnya.

Sementara Dr. Nikmad bade Situru yang membuka seminar tersebut memberikan apresiasi terhadap kenerja para bidan yang menunjukkan suatu peningkatan selama tahun 2010 hingga saat ini.

Hal yang perlu diingat para bidan adalah bagaimana semua masyarakat sinjai dapat terlayani, dan semua yang sakit bisa tertagani. "Dalam hal memberikan pelayanan semuanya harus sama, tidak ada yang dibedakan, dan bekerja dengan ikhlas", Tegansya.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah di bidang kesehatan melalui program jaminan persalinan maka diharapkan tidak ada yang melakukan pengutan biaya persalinan, menurutnya semuanya ditanggung oleh pemerintah sesuai dengan standar yang ada.

"Program ini, salah satu tujuannya adalah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi seterusnya", Jelasnya. Diakhir sambutannya ia juga mengajak seluruh bidan untuk meningkatkan kualitasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Seminar sehari oleh IBI menghadirkan narasumber diantaranya, Prof. Dr. Muh. Jufri, Dr. H. Alimuddin dan Dr. Hj. Norma Tajuddin. Selain Seminar IBI juga mengadakan anjang sana dan kegiatan gerak jalan santai. Puncak peringatan HUT IBI ke 60 yang jatuh pada 24 Juli mendatang akan dipusatkan di Makassar. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger