Pages

Home » » Wakil Bupati Buka Kemah Lomba Penggalang Dan Penegak

Wakil Bupati Buka Kemah Lomba Penggalang Dan Penegak

Written By reportase chalik on 2 Mei 2011 | 01:15



SB - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sinjai menggelar Kemah Lomba Penggalang dan Penegak Se- Kabupaten Sinjai, mulai 28 April hingga 3 Mei 2011.

Selain dalam Rangka Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk persaudaraan dan persatuan antara sesama anggota pramuka penggalang dan penegak.

Kemah lomba yang dipusatkan di bumi perkemahan Pacuan Kuda Desa Gareccing, Kecamatan Sinjai Selatan itu, resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai, Andi Massalinri Latief, S.Sos, mewakili Bupati.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan, selaku pemerintah, tentu sangat mendukung kegiatan ini, sebab Kepramukaan merupakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat khususnya dalam upaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri.

"Pramuka adalah salah satu kegiatan untuk membimbing, membina dan menciptakan generasi yang kuat, terampil, peka lingkungan, mandiri dan sifat-sifat lainnya yang sangat diperlukan untuk membentuk generasi khususnya generasi muda yang siap menghadapi tantangan dan siap bersaing", Tambahnya.

Sebagai Generasi muda yang diharapkan menjadi pelanjut tongkat estafet pembangunan daerah, bangsa dan negara tentu haruslah mempersiapkan diri untuk mengembang amanah dengan mengasah potensi, keterampilan serta skill yang dimiliki.

Salah satu upaya untuk memperlihatkan jati diri dan kapasitas sebagai generasi muda adalah lewat gerakan pramuka. "Dengan Dasa Darmanya, maka saya yakin setiap anggota pramuka akan menjadi generasi yang memiliki kemampuan dan potensi untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan", Terang Massalinri pada upacara pembukaan kemah lomba tersebut.

Dengan kegiatan ini, para peserta penggalang maupun penegak agar lebih mengasah potensi dan keterampilannya, membina sifat dan sikap yang diamanatkan sebagaimana yang diharapkan.

Gelar kemah lomba diikuti pramuka penggalang yang berpangkalan pada MTs dan SMP, pramuka penegak yang berpangkalan pada SMA dan Sederajat serta Saka golongan Penegak Se-kabupaten Sinjai.

Sementara itu, Jenis kegiatan yang dilombakan yakni untuk Tingkat penggalang diantaranya cerdas Tangkas Pramuka, Administrasi regu, SMS (Sandi, Morse, Semaphore), Pidato bahasa inggris, Busana Pramuka dan juga MTQ.

Pada tingkat Penegak, lomba Karya Tulis Islmiah, Maket Pionering, LKBB, Vokal Grup, Kebersihan dan Keindahan Tenda, Syahril Quran, termasuk lomba cerdas tangkas pramuka dan Admistrasi Sangga.

Kemudian untuk kegiatan non Lomba seperti, Pramuka Peduli Lingkungan, Forum Pembina, Bela Negara, Giat Ibadah, Upacara dan Olahraga.

Upacara Pembukaan Kemah lomba pada hari itu, juga turut dihadiri Ketua DPRD Sinjai, H. Sultani. SH. Camat Sinjai Selatan, Andi Baharuddin, Plt. Kepala Diknas, Drs. Grandyanto Asapa serta para Pengurus Kwarcab Sinjai. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger