Pages

Home » » Dinas Sosial SulSel Melakukan Penyuluhan Sosial Di Sinjai

Dinas Sosial SulSel Melakukan Penyuluhan Sosial Di Sinjai

Written By reportase chalik on 27 Jun 2011 | 02:14


SB - Puluhan Warga Sinjai mengikukti kegiatan Penyuluhan Sosial Keliling (PSK), Senin (13/06) lalu, yang dipusatkan di Kantor Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur.

Kegiatan penyuluhan sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Propinsi SulSel itu dibuka langsung oleh Plt, Kepala Kantor Sosial dan Tenaga Kerja (Kansosnaker) Kabupaten Sinjai, Drs. Akmal Muin didampingi Kepala Bidang Informasi dan Sumber Daya Dinas Sosial SulSel, Dra. Hj. Ratnawati.

Penyuluhan yang diikuti sekira 40 warga yang terdiri dari elemen tokoh masyarakat, pemuda dan perangkat desa, termasuk para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dari sembilan kecamatan.

Akmal Muin yang dimintai keterangan, menjelaskan, tujuan dari penyuluhan ini, adalah untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat dan para TKSK di Kabupaten Sinjai, tentang program pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan usaha kesejahteraan Sosial itu sendiri.

"Tenaga penyuluh sosial hendaknya memiliki spirit sosial yang tinggi dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat. Kiatnya antara lain dengan metode atau teknis penyampaian informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat setempat", Tambahnya.

Dengan begini tentunya permasalahan sosial yang terjadi ditengah masyarakat dapat diatasi secara tepat. " Dengan potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang dimiliki para tenaga kesejahteraan sosial sangat diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah sosial di daerah ini", Pintanya.

Kegiatan penyuluhan sosial ini diharapkan masyarakat semakin dimudahkan untuk bisa mendapatkan informasi. Hal lain permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi dapat di diteksi secara dini, kemudian komunikasi dalam mentransfer informasi pengetahuan kepada masyarakat.

Keberadaan tenaga penyuluh sosial ini diharapkan dapat menjadi ujung tombak pelaksanaan program pembangunan kesejahteraan sosial.

"Penyuluh sosial menjadi bagian penting dari fokus utama pembangunan kesejahteraan sosial, yakni pada penanganan manusia sebagai makhluk sosial, baik dalam lingkup individu, kelompok maupun masyarakat", Ungkapnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Sosial SulSel di daerah ini, hanya digelar selama sehari, dan sebagai pembicara Dra. Hj. Ratnawati. Penyuluhan ini, lanjut Akmal hanya dilaksanakan di tujuh kabupaten di SulSel termasuk sinjai. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger