Pages

Home » , , , » 232 Jemaah Haji Sinjai Ikuti Bimbingan Massal Pertama

232 Jemaah Haji Sinjai Ikuti Bimbingan Massal Pertama

Written By reportase chalik on 19 Jul 2011 | 12:07


SB - Menunaikan haji yang baik dan benar tentunya menjadi tujuan utama bagi para Calon Jemaah Haji (CJH) untuk mendapatkan haji yang mabrur.

"Untuk itu diperlukan dasar-dasar tentang pelaksanaan haji yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan ajaran agama islam yang didapatkan melalui bimbingan manasik", Ungkap Kabag Kesra Setdakab Sinjai, Hj. Mas Ati saat membuka Bimbingan Massal Pertama, Senin (11/07) lalu di mesjid Agung Nujumul Ittihat Cakkempong Sinjai.

Dijelaskan, Bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai bukan hanya semata-mata bimbingan tentang rukun, syarat dan larangan dalam haji namun juga untuk memberikan pengetahuan tambahan menyangkut keberadaan CJH saat berada di tanah mekah maupun dimadinah.

"Pengetahuan seperti ini tentunya harus dipahami dan dimengerti, apalagi dengan kondisi disana baik bahasa dan iklim itu sangat berbeda dengan disini, jadi memang perlu bekal melalui manasik demi kelancaran ibadah haji kita", Katanya mewakili Bupati.

Lebih lanjut, selaku pemerintah daerah tentu sangat menginginkan jemaah haji sinjai dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik yang dimulai keberangkatan hingga pulang ketanah air nantinnya.

"Kami harap seluruh CJH mengikuti seluruh rangkaian manasik haji, sehingga pada akhirnya CJH lebih mantap lagi dan memahami segala rukun, wajib maupun sunnah haji", Pintanya dihadapan para jemaah.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Sinjai, H. Burhanuddin menyebutkan, CJH sinjai yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini berjumlah 232 orang. Jumlah tersebut sama dengan tahun lalu.

"Jadi untuk tahun ini, kita kembali akan berangkatkan sebanyak 232 orang yang merupakan warga sinjai dari sembilan kecamatan ", Sebut Burhanuddin mewakili Kepala Kantor Kemenag, H. Mudarak Dahlan.

Selain itu, manasik ini digelar dengan maksud, untuk memberi pembekalan maupun pemahaman tentang hak dan kewajiban Para CJH serta segala hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat haji. Kegiatan itu juga merupakan ajang saling mengenal sesama jemaah.

Melalui manasik ini, mereka juga akan diberikan pelatihan dan pembekalan seperti ahlak jemaah, panduan manasik haji dan proses keberangkatan dari tanah air menuju tanah suci mekah. Mengenai jadwal pemberangkatannya , kemungkinan november mendatang.

"Meskipun belum ada jadwal namun dapat diperkirakan Jemaah haji sinjai akan berangkat pada november atau desember mendatang", Tambahnya.

Pembukaan manasik haji massal tahap pertama itu, berlangsung hikmah yang juga dihadiri sejumlah pejabaat daerah dan pembimbing dari kantor kementerian agama sinjai. (**)


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger