Pages

Home » , , , » 24 Peserta Ikuti Festival Budaya Tradisional Di Sinjai

24 Peserta Ikuti Festival Budaya Tradisional Di Sinjai

Written By reportase chalik on 23 Jul 2011 | 17:34



SB - Dewan Pengurus Wilayah (DPC) Ikatan Keluarga Mahasiswa Sinjai (IKMS) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar Gelar Festival Budaya Tradisional 2011 di Kabupaten Sinjai.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu, dimulai, Jumat (22/07) malam yang dipusatkan Lapangan Nasional (Lapnas) Sinjai, Jalan Persatuan Raya. Ketua Panitia Pelaksana, Ardiansyah Dahlan mengatakan, selain dimaksudkan untuk mengangkat kembali budaya tradisional yang ada di sinjai, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 66.

"Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat utamanya bagi generasi muda yang ada dapat mengingat kembali atau menjaga dan memelihara budaya-budaya tradisional kita sendiri", Katanya.

Dengan inisitif sendiri yang didukung oleh pemerintah setempat maka kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Festival budaya ini diikuti 24 peserta dari lima jenis lomba yakni baca puisi, paduan suara, nyanyi solo, tari tradisional dan pertunjukan darma.

"Peserta tidak hanya dari kalangan pelajar, namun juga ada dari oragnisasi, instansi dan masyarakat umum lainnya yang diharapkan mampu memperlihatkan budaya-budaya kita yang selama ini mulai terlupakan", Tambahnya.

Hal yang sama juga dikatakan, Ketua DPRD Sinjai, H. Sultani. menurutnya dengan adanya kegiatan seperti ini, maka secara tidak langsung telah memperkenalkan budaya tradisional daerah.

"Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pengurus IKMS, semoga adanya kegiatan ini budaya kita di sinjai akan semakin hidup dan terpelihara ditengah-tengah masyarakat", Harapnya.

Dalam sambutannya, ia mengharapkan kepada pemerintah untuk selalu mendukung dan memberikan perhatian pada setiap kegiatan yang digelar mahasiswa khususunya pada kegiatan yang membawa dampak positif.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Setdakab Sinjai, H. Ahmad Suhaemi yang membuka kegiatan itu sangat merespon kegiatan tersebut. Menurutnya hal ini tidak lain karena apresiasinya terhadap budaya tradisional yang sangat tinggi.

"Festival ini tentunya akan kembali menyegarkan ataupun menggelorakan kembali semangat kita untuk tetap melestarikan warisan tak ternilai dari para pendahulu dan semangat untuk tetap terus sipakatoa, sipakalebbi dan sipakainge", Terangnya.

Dijelaskan, kemajuan zaman dengan segala kemudahan kemudahan dan kemegahannya tentu tidak seharusnya mengikis nilai-nilai budaya yang menjadi warisan leluhur kita. Festival ini juga merupakan salah satu media untuk mengingatkan kita akan hal itu.

"Saya ingin mengingatkan kepada seluruh generasi muda sinjai, bahwa pesatnya kemajuan zaman juga merupakan sebuah produk budaya yang lebih variatif, tetapi akan sangat destruktif jika kita tidak mewarnainya dengan nilai-nilai hidup yang bijak", Jelas Suhaemi mewakili Bupati.

Diakhir sambutanya, ia menyampaikan rasa haru dan bahagia serta bangga kepada para pengurus IKMS yang telah mendedikasi diri, meluangkan waktunya untuk melaksanakan kegiatan ini, karena menurutnya tidak semua generasi muda yang peduli warisan nilai budaya tradisional daerah saat ini.

Pada Festival tersebut, Panitia menghadirkan juri lomba dari paduan suara mahasiswa (PSM) dan unit kegiatan mahasiwa (UKM) Unhas Makassar. (**)


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger