Pages

Home » » Pelatihan Dewan Hakim MTQ Tingkat Kab. Sinjai

Pelatihan Dewan Hakim MTQ Tingkat Kab. Sinjai

Written By reportase chalik on 2 Mei 2011 | 01:03


SB - Pemerintah Daerah melalui Sub Bagian Keagamaan Bagian Kesra Setdakab Sinjai, menyelenggarakan Pelatihan dan Pendidikan Dewan Hakim MTQ Se Kabupaten Sinjai selama dua hari, 20 - 21 April, yang dipusatkan di Ruang Pertemuan Lantai II Rumah Makan Lestari, Jalan Jendral Sudirman.

Pelatihan dan Pendidikan Dewan Hakim tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Sinjai, H. Muhlis Isma, SE. M.Si mewakili Bupati, Andi Rudiyanto Asapa.

Gelar pelatihan dewan hakim ini, menghadirkan tenaga pengajar dari LPTQ Makassar yang memiliki reputasi tingkat internasional yakni, H, Bahri Waru. Pengajar lainnya dari Pemkab Sinjai, Kepala Kantor Kementerian Agama dan Ketua MUI Sinjai.

Kabag Kesra Setdakab Sinjai, Dra. Hj. Mas Ati mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyiapkan kader-kader dewan hakim MTQ yang profesional dan selektif memberi penilain dalam setiap lomba.

"Mengingat dewan Hakim MTQ yang profesional dan terlatih semakin berkurang, baik karena ada yang wafat, atau umur yang semakin bertambah atau berpindah tempat, maka pelatihan ini akan dilaksanakan secara terprogram", Tambahnya.

Hj. Mas Ati yang juga selaku ketua pelaksana, menyebutkan, pelatihan dewan hakim MTQ ini diikuti 30 peserta yang berasal dari sembilan kecamatan.

Sementara itu, H. Muhlis Isma dalam sambutannya mengatakan salah satu kegiatan keagamaan yang telah membudaya ditengah masyarakat dan dilaksanakan rutin setiap tahunnya adalah Musabaqah Tilawatil Qur'an.

Kegiatan ini bahkan dilaksanakan mulai dari tingkat desa, kecamatan maupun di Kabupaten bahkan ditingkat pelajar pun sering pula dilaksanakan. Hal ini menurutnya tentu sangat mengembirakan, karena itu sebagaimana daerah yang mayoritas penduduknya beragama islam masyarakat telah memberikan perhatian yang besar dalam peningkatan syiar islam khususnya dalam pengembangan Tilawitil Quran.

Karena pada dasarnya MTQ adalah untuk membumikan Al Qur'an ditengah kehidupan masyarakat, sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat islam dalam menjalani hidup dan kehidupan didunia ini sehingga selamat dan bahagia baik dunia maupun diakhirat.

Muhlis menambahkan bahwa salah satu penunjang keberhasilan MTQ adalah adanya dewan hakim yang profesional. Dengan berkurangnya dewan hakim sekarang ini maka perlu ada regenerasi yang disiapkan sebagai pengganti mereka.

"Untuk itu apa yang dilaksanakan ini, merupakan langkah tepat yang diharapkan kepada peserta untuk dapat mengikutinya dengan baik, yang pada akhirnya sinjai akan memiliki hakim – hakim MTQ yang profesional bukan hanya didaerahnya, namun juga diprovinsi bahkan nasional", Tuturnya.


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger