Pages

Home » » Bupati Sinjai Terima Penghargaan Satya Lencana Wana Lestari Dari Menhut

Bupati Sinjai Terima Penghargaan Satya Lencana Wana Lestari Dari Menhut

Written By reportase chalik on 9 Des 2010 | 21:35

SB - Bupati, Andi Rudiyanto Asapa kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini penghargaan yang diberikan adalah Satya Lencana Wana Lestari 2010 dari Menteri Kehutanan RI. Penghargaan yang diberikan untuk mengapresiasi kinerja bupati yang dinilai berhasil dalam pembangunan kehutanan di wilayahnya.

Penganugerahan Satya Lencana bidang kehutanan tersebut dilakukan secara langsung oleh Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan, bertepatan dengan rapat koordinasi dan konsultasi penyuluhan kehutanan 2010 yang berlangsung di Auditorium Manggala Wana Bhakti Kementrian Kehutanan, Kamis (02/12) lalu,

Kasubag Organisasi Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan mengatakan, selain sinjai penghargaan serupa juga diberikan kepada 25 Kabupaten/kota Se-Indonesia diantaranya Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk kategori Kota, masing-masing diterima oleh Kota Tanjungpinang, Kota Pariaman, Sumatera Barat, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, serta Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Kemudian untuk tingkat Provinsi, diterima Provinsi Jawa Tengah sebagai juara umum. "Penghargaan yang sama juga diberikan kepada 4 pelaku usaha yang peduli terhadap kelestarian hutan di Indonesia", Ungkapnya.

Di SulSel sendiri hanya Bupati Sinjai yang menerima penghargaan itu."Ini suatu kebanggaan karena Kabupaten Sinjai menjadi Kabupaten terbaik dalam hal pengelolahan hutan di Indonesia", Tambahnya.

Dijelaskan, beberapa indikator penilaian berkaitan dengan penganugerahan Satya Lencana ini antara lain keberhasilan dalam merehabilitasi hutan, pemberdayaan masyarakat disekitar hutan, pemantapan kawasan hutan, pengelolaan daerah aliran sungai dan pembinaan disekitar kawasan hutan.

"Kita juga dinilai berhasil dalam hal pendanaan dari APBD, pengembangan sumber daya manusia, kepedulian terhadap kelembagaan kehutanan yang ada dan sebagainya", Kata Lukman langsung dari Jakarta melalui (22066) Radio Suara Bersatu. Beberapa program lainnya seperti gerakan hijau kota juga ikut menunjang penilain tersebut.

Penghargaan ini untuk berbagai elemen masyarakat Sinjai yang telah melakukan upaya-upaya melestarikan hutan dan lingkungan. "Kita berharap, ini akan menjadi pendorong semua pihak untuk lebih baik dalam berbuat demi kelestarian lingkungan", Tuturnya.

Sambutan Menhut, kata Lukman, semua Kabupaten/kota yang telah mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wana Lestari 2010, sudah tidak bisa lagi diikutkan pada penilaian tahun berikutnya. (**)
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger