Pages

Home » » Peringatan Hari Nusantara Nasional Ke 11 Di Sinjai

Peringatan Hari Nusantara Nasional Ke 11 Di Sinjai

Written By reportase chalik on 14 Des 2010 | 13:24

* Tema Peringatan Hari Nusantara “MEMBANGKITKAN BUDAYA BAHARI”

SB - Pemerintah Kabupaten Sinjai gelar Upacara Peringatan Hari Nusantara Nasional Ke 11 Tahun 2010, di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Senin (13/12). Hadir sebagai peserta upacara antara lain Muspida, Sekkab Sinjai, Para Asisten, Pimpinan SKPD dan PNS dilingkungan Pemda Sinjai.

Inspektur upacara Wakil Bupati Sinjai, Andi Massalinri Latief. S.Sos dalam sambutannya mengatakan, Hari Nusantara ini adalah suatu bentuk penghormatan atas keberanian dan kegagahan bangsa Indonesia pada tanggal 13 Desember 1957 mendeklarasi laut pedalaman sebagai kesatuan wilayah NKRI.

Hal Ini menurutnya adalah karya besar dan fenomenal bagi negara dan bangsa baru yang bernama Indonesia. Dengan keberaniannya secara sepihak menyatakan kepada dunia, bahwa batas perairan laut teritorial Indonesia adalah 12 (dua belas) millaut.

"Deklarasi tersebut merupakan konsistensi perlawanan terhadap warisan kolonialisme dan imperialisme yang secara laten meringkihkan kedaualatan Indonesia. Dengan pandangan visionernya para pendiri republik melihat ke depan dampak negatif dari (Territoriale Zee en Maritiem Kringen Ordonantie 1939 /TZMKO atau Ordonansi tentang laut teritorial dan lingkungan maritim) yang menyatakan laut teritorial wilayah laut Indonesia hanya 3 mil", Tambahnya.

Dijelaskan, sebagai Negara Kepulauan, maka perairan laut terletak diantara beribu-ribu pulau di Indonesia dinyatakan sebagai laut Nusantara (Mare Nostrum), yang merupakan wilayah kedaulatan mutlak Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan demikian wilayah Nasional Indonesia adalah suatu hamparan perairan laut luas dengan berpuluhan ribu pulau tersebar di dalamnya yang merupakan suatu wilayah kesatuan laut dan pulau yangbulat dan utuh dengan wilayah udara diatasnya.

"Menanamkan pemahaman kenusantaraan Indonesia bagi masyarakat umum, tidak saja memperkenalkan kekayaan alam yang dikandung oleh wilayah laut kita. Tetapi lebih dari itu pemahaman tentang sejarah kemaritiman dan budaya bahari yang dimiliki oleh bangsa kita sangat penting artinya", Jelas Wakil Bupati melalui sambutan Menteri Kelautan dan Peringatan, DR. Fadel Muhammad, selaku Ketua Panitia Nasional Peringatan Hari Nusantara yang dibacakannya.

Peringatan Hari Nusantara tahun ini mengambil tema yang sangat strategis, yaitu “HARI NUSANTARA MEMBANGKITKAN BUDAYA BAHARI”. "Tema ini, ingin menyadarkan seluruh anak bangsa, bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut, cinta laut dan pemberani menghadapi gelombang laut yang sangat dahsyat.

"Dengan Momentum peringatan Hari Nusantara yang ke 11 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih memahami akan kehidupan masyarakat pesisir dan masyarakat di pulau-pulau terdepan di wilayah perbatasan maritim Indonesia. Umumnya mereka hidup di bawah garis kemiskinan, perlu sentuhan pembangunan yang nyata", Katanya.

Diakhir sambutannya, ia mengajak seluruh anak bangsa termasuk yang ada di wilayah Kabupaten Sinjai untuk bersatu padu membangun NUSANTARA dengan melibatkan semua potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger