Pages

Home » » CJH Sinjai Jalani Pemeriksaan Kesehatan

CJH Sinjai Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Written By reportase chalik on 28 Sep 2010 | 19:58


Sebanyak 232 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sinjai kembali menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai syarat sebelum di berangkatkan ke tanah suci mekkah.

Pemeriksaan kesehatan tersebut hanya dilakukan di tiga puskesmas yakni puskesmas Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara, Puskesmas Samaenre Sinjai Selatan dan Puskesmas Samataring Sinjai Timur.

Khusus untuk Puskesmas Balangnipa, dimana jumlah calon haji yang ditangani sekitar 112 orang, selebihnya ditangani oleh dua puskesmas tersebut. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik dan laboratorium.

Kepala Puskesmas Balangnipa, Dr. H. Agus Muliyakin yang dimintai keterangan, Selasa (28/09) di ruang kerjanya menjelaskan pemeriksaan dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan bagi calon haji yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Bagi calon haji yang punya resiko tinggi seperti lanjut usia, tetap akan mendapat pemeriksaan di Rumah Sakit Umum, sesuai dengan rujukan dari Puskesmas setempat". Tambahnya. Pemeriksaan kesehatan ini akan dilaksanakan selama empat hari hingga, 30 september pekan ini.
Lebih lanjut Dr. Agus menjelaskan, pemeriksaan kesehatan bagi calon haji tahun ini, tidak lagi dilakukan di tingkat kabupaten namun pada tingkat kecamatan.

"Hal itu berdasarkan ketentuan departemen kesehatan yang mengambil alih pemeriksaan tersebut dari Departemen Agama". Jadi menurutnya pada tahun ini baru ada tiga puskesmas yang melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon haji.

Hingga hari ini, kata Dr. Agus sudah ada 70 an calon haji Sinjai yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan dipuskesmas balangnipa. Selain membawa bukti pemeriksaan sebelumnya, bagi calon haji juga dikenakan biaya pemeriksaan. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger