Pages

Home » , , , , , » Sosialisasi Peningkatan Kepesertaan Jamsostek Bagi Tenaga Kerja Di Luar Sinjai.

Sosialisasi Peningkatan Kepesertaan Jamsostek Bagi Tenaga Kerja Di Luar Sinjai.

Written By reportase chalik on 21 Agu 2011 | 22:09



REPORTASE SB - Kantor Sosial dan Tenaga Kerja (Kansosnaker) sosialisasi masalah peningkatan kepesertaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) bagi tenaga kerja di luar Kabupaten Sinjai.

Sosialisasi yang digelar di ruang pertemuan Hotel Rofina Sinjai, jalan persatuan raya, pada (06/08) pekan lalu itu, diikuti puluhan peserta yang merupakan tenaga kerja yang bekerja pada sektor informal di sinjai.

Plt. Kepala Kansosnaker Sinjai, H. Akmal. MS, mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai jamsotek bagi tenaga kerja yang bekerja diluar hubungan kerja.

"Hal lain agar meningkatnya jumlah tenaga kerja yang bekerja diluar hubungan kerja yang mendapat perlindungan jamsostek di Kabupaten Sinjai ini", Tambahnya saat ditemui diruang kerjanya baru-baru ini.

Harapan nantinya, perlindungan atau jaminan sosial dalam bentuk santunan berupa uang sebagai pengganti dari penghasilan yang hilang atau berkurang serta pelayanan sebagai akibat adanya peristiwa yang dialami oleh seseorang seperti kecelakaan kerja, sakit, hari tua, meninggal dunia dan sebagianya dapat dimiliki oleh tenaga kerja yang bekerja diluar hubungan kerja.

"Untuk kegiatan kemarin, itu diikuti sekitar 40 orang peserta, sedangkan pematerinya dari pihak PT. Jamsostek(Persero) Kantor Cabang Makassar dan Dinas Sosial dan Transmigrasi Pro. SulSel", sebutnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Sinjai, H. Muhlis Isma menjelaskan pembangunan sektor ketenagakerjaan sebagai bagian dari upaya pembangunan sumber daya manusia merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dengan pembangunan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam UU.

"Peran serta tenaga kerja dalam pembangunan nasional semakin meningkat yang disertai dengan berbagai tantangan dan risiko yang dihadapainya", Terang H. Muhlis saat membuka sosialisasi tersebut mewakili Bupati.

Olehnya itu lanjut dia, tenaga kerja perlu diberikan perlindungan dan peningkatan kesejahteraannya, sehingga pada gilirannya akan dapat meningkatkan produktifitas nasional.

"Di kabupaten sinjai sendiri, kebijakan ketenagakerjaan pemerintah daerah diarahkan pada peningkatan perlindungan tenaga kerja baik yang bekerja didalam maupun diluar hubungan kerja", Katanya.

Saat membuka, H. Muhlis isma juga mengajak para peserta agar benar-benar dapat mengikuti dan memperhatian setiap materi yang akan disampaikan oleh narasumber, sehingga dapat memahami pentingnya kepesertaan jamsostek bagi tenaga kerja di luar Kabupaten Sinjai. (**)

Copy Right @ 2011
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger