Pages

Home » » Kancapil Adakan Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten 2010

Kancapil Adakan Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten 2010

Written By reportase chalik on 12 Okt 2010 | 18:05

SB - Kantor Kependudukan dan Cacatan Sipil (Kancapil) Kab. Sinjai melakukan pertemuan dalam rangka rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan pemutakhiran data penduduk, Selasa (12/10) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Rapat koordinasi ini di hadiri Sekkab Sinjai, Drs. Mansyur A. Yacub, Kepala Kancapil, Muh. Nur, Kabag Pemerintahan, Lukman Mannan dan diikuti para Camat serta Anggota Tim Pemutakhiran data Penduduk Kab. Sinjai.

Mansyur A. Yacub dalam arahannya menyatakan, dengan pertemuan ini diharapkan akan terwujud adanya singkronisasi dan keselarasan dalam pelaksanaan kegiatan pemuktahiran data penduduk, antara kabupaten, kecamatan dan desa atau keluharan.

Selain itu juga senantiasa memperkuat komitmen dalam mewujudkan terciptanya tertib administrasi kependudukan dan tertib adminitrasi pelayanan di setiap kecamatan. "ini demi menyongsong pemberlakuan NIK dan E-KTP Nasional melalui penerapan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) di Sinjai". Tambah Mansyur.

Satu hal yang ditegaskan pertemuan ini penting di ketahui semua pihak utamanya tim yang telah dibentuk agar upaya penyerasian sejumlah kebijakan khususnya menyangkut pemutakhiran data penduduk.

"Untuk itu segera mengkoordinasikan penyelenggaraan seluruh kegiatan pemutakhiran data penduduk di wilayahnya masing-masing secara efektif, efisien, tertib, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya, paling lambat november mendatang".

Kegiatan ini benar-benar harus menyeluruh. Pasalnya selain penduduk yang rentang dengan proses administrasi kependudukan juga termasuk penduduk korban bencana, orang terlantar, komunitas terpencil dan suku terasing dengan tidak menggangu pelayanan.

Bahkan lanjut Mansyur upaya lain yang juga bisa di lakukan dengan melakukan sosialisasi kepada aparat dan masyarakat dengan melibatkan para kepala dusun, lingkungan, RT dan RW setempat. Selain itu tokoh agama, LSM yang ada di wilayahnya.

"Hasil itulah nantinya akan memberikan arah dan kebijakan pemerintah ke depan dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, termasuk pemilu, pemilukada dan pilkades serta penerapan NIK dan E- KTP Nasional 2011 mendatang" Jelas Kata Mansyur yang juga selaku Ketua Tim Pemuktahiran Data Penduduk Kabupaten Sinjai.

Kepala Kancapil Sinjai, Muh. Nur Menjelaskan, Tujuan kegiatan ini diantaranya untuk memutakhirkan data penduduk yang ada di database kependudukan melalui pencocokan dan penelitian (coklit) dengan menggunakan formulir biodata penduduk. Sasaranya agar tersedianya database kependudukan yang telah sesuai dengan kondisi terkini dan dapat digunakan sebagai dasar pemberikan NIK kepada setiap penduduk"

Sementara manfaat yang diharapkan adalah terwujudnya data kependudukan yang dapat digunakan sebagai data atau bahan masukan untuk pembangunan database di Sinjai.

Muh Nur juga sempat mengungkapkan dalam waktu dekat ini seluruh KTP lama akan di tarik secara massal dan digantikan dengan KTP Nasional. Adapun biaya pergantian tersebut akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger