Pages

Home » » Sosialisasi Strategi Penanggulangan Imigran Gelap di Kabupaten Sinjai

Sosialisasi Strategi Penanggulangan Imigran Gelap di Kabupaten Sinjai

Written By reportase chalik on 7 Okt 2010 | 19:34


SB - Sedikitnya 50 peserta dari SKPD terkait, Intelejen Kepolisian, Camat dan Lurah, Rabu (16/10), mengikuti kegiatan Sosialisasi Strategi Penanggulangan Imigran Gelap di Indonesia yang bertempat di Aula Kantor Bupati Sinjai.

Sosialisasi yang merupakan kerjasama antara Internasional Organization For Imigrasion (IOM) Kantor Cabang Makassar dengan pihak Imigrasi beserta kepolisian yang dukung oleh pemerintah setempat resmi di buka oleh Wakil Bupati Sinjai A. Massalinri Latief mewakili Bupati Sinjai.

Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Ditreskrim Polda Sulselbar, Kompol Jamilah Nompo mengatakan, kegiatan Sosialisasi merupakan sebagai upaya untuk menanggulangi dan mengantisipasi adanya imigran gelap atau pendatang gelap serta mewaspadai penyelundupan senjata api dan para teroris yang masuk di wilayah Indonesia dan pada khususnya di Kabupaten Sinjai.
Sementara Wakil Bupati, Massalinri Latief menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut, menurutnya ini akan memberikan nilai dan kontribusi yang pasitif tentang hal-hal yang berkaitan dengan migrasi khususnya migrasi ilegal. Dalam sambutannya dijelaskan, masalah migrasi merupakan persoalan nasional dan bahkan internasional yang melibatkan negara yang tentunya perlu adanya penanganan secara serius khususnya bagi migrasi ilegal.

Salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap masalah imigrasi ini adalah dengan melakukan Sosialisasi yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran aparatur pemerintah terkait dan masyarakat pada umumnya tentang permasalahan imigrasi serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberantas arus imigrasi ilegal yang ditimbulkan atau sebagai dampak dari aksi-aksi kejahatan.

"Diharapkan dalam sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam menyamakan persepsi yang berkaitan dengan penanganan masalah migrasi terutama migrasi yang ilegal". Tambahnya. Usai dibuka oleh Wakil Bupati, dilanjutkan dengan pemberian materi dari Depkumham tentang Kebijakan keimigrasian ditingkat wilayah yang disampaikan oleh Kepala Divisi Migrasi Kanwil Depkumham Prop. SulSel, Drs. I Nyoman Putra.

Materi Penyuludupan dan Penjualan orang sebagai bagian dari kejahatan trans nasional disampaikan oleh Kanit PPA Ditreskrim Polda Sulselbar, Kompol Jamilah Nompo serta Peran IOM dan penanganan migran gelap di indonesia yang disampaikan oleh pihak dari IOM sendiri.

Para peserta sosialiasi begitu antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan nara sumber dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. (**)
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger