Pages

Home » » Puluhan Pelajar Ikuti Seminar Potensi Kepemudaan

Puluhan Pelajar Ikuti Seminar Potensi Kepemudaan

Written By reportase chalik on 9 Nov 2010 | 21:43

*H. Muhlis Isma - Pemuda Adalah Bagian Dari Pelaku Pembangunan

SB - Pemuda adalah kalangan yang memiliki potensi besar melakukan mobilitas, pemuda memiliki pemikiran yang kritis dan kreatif, olehnya itu sudah saatnya pemuda harus dapat diberikan peran yang tepat untuk pelaksanaan pembangunan.

Ungkap Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Sinjai, H. Muhlis Isma. SE. M.Si pada saat membuka seminar potensi kepemudaan sebagai aspek pembangunan Kabupaten Sinjai, Sabtu (06/11) lalu di Aula Bakominfo Sinjai.

"Potensi-potensi yang ada pada pemuda masih perlu dikembangkan sesuai dengan minat dan bakat mereka serta diarahkan sesuai dengan tuntutan zaman dan potensi daerah", Katanya.

Diera otonomi daerah sekarang ini, lanjut dia, menuntut kearifan lokal. Kran desentralisasi yang sudah terbuka hendaknya bisa dijawab dengan konsep yang matang dan keterarahan gerak. Selain itu dalam hal pembangunan daerah, pemuda hendaknya bisa memanfaatkan momentum ini untuk melahirkan ide-ide baru yang berkualitas dengan tetap berbasis pada potensi lokal.

H. Muhlis menambahkan, kejayaan dan kematangan intelektual para pemuda hendaknya sudah bisa dibuktikan dengan karya-karya intelektual. Kapabilitas dalam berdiskusi, membaca dan menulis yang disadari oleh kekayaan ide, pengetahuan dan pemikiran adalah diantara indikasinya karena hal tersebut akan sangat menentukan kapabilitas intelektual para pemuda.

"Kini yang dibutuhkan adalah bagaimana pengasahan dan pematangan intelektual itu dilakukan kemudian terus menuangkan gagasan-gagasan intelektual dengan cara membaca dan berdiskusi dan menuliskannya", tegasnya.

"Begitu banyak yang mesti kita perbuat dan terus diperbaiki di tengah keterbatasan kita dan kondisi yang ada. Sungguh demikian kita semua, tentu akan terus optimis dan yakin bahwa hari depan pasti akan lebih baik dan akan menjadi miliki kita. semangat juang, kebersamaan, komitemen, karya dan konsistensi akan sengat menentukan nasib daerah kita, Sinjai yang kita cintai ke depan", tutur Muhlis mewakili Bupati Sinjai.

Dalam sambutannya ia berharap kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehinga pada intinya dapat membangun ide gagasan cemerlang yang mudah untuk diaktulisasikan dalam pelaksanaan pembangunan didaerah ini.

"Perlu disadari bahwa kita semua adalah merupakan bagian dari pelaku pembangunan, keberhasilan pembangunan daerah tergantung dari para pelaku pembangunan yang terlibat didalamnya, olehnya itu mari kita bersama-sama untuk berpikir dan berbuat yang terbaik untuk Sinjai", Tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Muh. Haris. S.Sos mengatakan, seminar yang digelar Komunitas Pemerhati Sosial (Kompersi) dengan kerjasama KNPI Sinjai ini dimaksudkan untuk menghimpun aspirasi pemuda yang merupakan salah satu aspek pembangunan daerah yang nantinya menghasilkan referensi yang diberikan kepada pemerintah daerah agar dapat dijadikan suatu bentuk aspirasi atau program kerja Pemerintah Sinjai.

"Seminar ini diikuti puluhan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SLTA) termasuk sejumlah Mahasiswa, Organisasi Pemuda, Pramuka, tenaga pendidik dan masyarakat umum lainnya", Tambah Muh. Haris yang juga selaku Ketua Kompersi Sinjai. (**)


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger