Pages

Home » » Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan HKN 2010

Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan HKN 2010

Written By reportase chalik on 10 Nov 2010 | 19:38


SB - Pemkab Sinjai gelar upacara bendera dalam rangka Hari Pahlawan Ke-65, 10 November 2010 yang sekaligus dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-64 yang jatuh pada tanggal 12 November 2010, Rabu (10/11), di Halaman Kantor Bupati Sinjai.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati, A. Massalinri Latief. Sedangkan Komandan Upacara Kapten. Inf. Yusuf Pararuk dari Kodim 1424 Sinjai. Upacara tersebut diikuti Muspida, Pimpinan SKPD, TNI/Polri, PNS, Pelajar, Organisasi Wanita dan Pemuda serta undangan lainnya.

Sambutan tertulis Menteri Sosial RI, Dr. Salim Segaf Al Djufri, MA yang dibacakan wakil Bupati mengatakan, pertempuran heroik yang terjadi di Surabaya, 10 Nopember 1945 merupakan momentum yang sangat penting untuk menggugah semangat patriotisme dan persatuan bangsa Indonesia guna mengusir penjajahan dari bumi persada Indonesia.

Semangat juang dan nilai-nilai kepahlawan yang di tunjukkan dalam pertempuran 10 November tersebut, hendaknya dapat dihayati dan menjadi inspirasi yang kemudian memacu dan memicu bagi kita dalam mengisi kemerdekaan ini.

Dikatakan, semangat rela berkorban dan suka menolong terhadap sesama merupakan salah satu hal yang perlu dikedepankan sebagai wujud rasa kesetiakawanan sosial nasional seperti yang diamanatkan dalam tema peringatan Hari Pahlawan ke 65 yakni “Dengan Semangat dan Nilai-nila Kepahlawanan Kita Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial Nasional”.

Menteri Sosial juga mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk lebih meningkatkan rasa solidaritas sosial dan berjuang untuk membangun negeri tercinta ini agar dapat sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Sementara itu sambutan Menteri Kesehatan RI, Dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, yang dibacakan Wakil Bupati menyampaikan bahwa Keluarga merupakan unit terkecil dari suatu bangsa, di dalam keluarga terjadi interaksi dan komunikasi antara ayah, ibu dan anak yang menjadi awal penting dari suatu proses pendidikan.

Ditanamkannya perilaku hidup yang bersih dan sehat sejak dini dalam keluarga dapat menciptakan keluarga yang sehat. Selanjutnya keluarga yang sehat akan membentuk masyarakat desa dan kelurahan sehat, Kecamatan sehat, kabupaten dan kota termasuk provinsi dan bangsa yang sehat.

Kemudian bangsa yang sehat yang memiliki derajat kesehatan masyarakat yang tinggi, akan meningkatkan produktivitas bangsa tersebut. oleh karena itu Keluarga yang sehat adalah investasi suatu bangsa bagi pembangunan sumber daya manusianya yang produktif.

Sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan hari kesehatan nasional tahun ini yakni " Keluarga Sehat, Investasi Bangsa ", menekankan pentingnya perananan keluarga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, bangsa dan negara.

Menteri kesehatan juga menghimbau para Gubernur, Bupati dan Wali kota beserta segenap masyarakat di seluruh indonesia untuk terus-menerus berupaya meningkatkan perilaku sehat keluarga sejak dini, agar pada tahun 2014, Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di rumah tangga indonesia dapat tercapai 70% melalui upaya peningkatan PHBS dirumah tangga secara terus menerus yang diharapkan derajat kesehatan masyarakat indonesia akan meningkat.

Pada Momentum HKN Ke 64 ini, juga ditegaskan beberapa pesan penting yang harus disebarluaskan keseluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan keluarga sebagai investasi bangsa, diantaranya kesehatan harus dimulai dari rumah, gizi baik, anak tumbuh sehat dan cerdas, jadilah keluarga sadar gizi, ibu sehat, mampu memenuhi tugas dalam keluarga dan masyarakat, Lindungi keluarga dari Narkoba dan HIV/AIDS, berprilaku sehat, cegah penyakit dan beberapa pesan penting lainnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Manggottong Kecamatan Sinjai Timur dengan dipimpin langsung Wakil Bupati Sinjai. (**)


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger