Pages

Home » » Workshop Peningkatan Kapasitas Stakeholders PAUD

Workshop Peningkatan Kapasitas Stakeholders PAUD

Written By reportase chalik on 26 Nov 2010 | 00:26

*Bupati - Sinergitas Dalam Prioritas Program PAUD

SB - Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sinjai dalam hal ini Seksi PLS dan SKB menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Stekholders PPUD (Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini), selama tiga hari, 24-27 November 2010, di Wisma Hawai Sinjai.

Workshop PAUD Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk merusmuskan strategi dasar untuk mendorong integritas program, merumuskan model pelayanan PAUD yang holistik dan integrasi serta membagi ruang kerja antar instansi dan masyarakat sehingga menjadi over budgeting.

Ketua Panitia, Marzuki S.Sos mengatakan, dengan workshop ini diharapkan dapat menjamin kelangsungan program PAUD yang sedang tumbuh dan dikelolah oleh masyarakat sebagai kekuatan pendidikan, memberdayakan dan memberi ruang partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan PAUD Holistik dan integratif.

"Kegiatan ini diikuti oleh 37 orang peserta yang terdiri dari unsur Komisi I DPDR, Dinas Kesehatan, Diknas, BKB-BPM, TFM, Kepala Desa, Ketua PKBM dan Tenaga Pendidik", Ungkap Marzuki yang juga selaku Kepala Seksi PLS dan SKB Diknas Sinjai.

Beberapa hal yang diharapkan setelah workshop ini, antara lain tersusunnya mekanisme kerja dalam implementasi PPUD, tersosialisasinya Program PPUD sesudah dan sekarang, serta tersedianya data yang valid. "Semua biaya dalam workshop ini bersumber dari DIPA Direktorat PPAUD tahun 2010 dan dikelolah langsung Direktorat PAUD", Tambahnya.

Sementara itu Bupati, Andi Rudiyanto Asapa menjelaskan, anak usia dini 0-6 tahun adalah keemasan dimana beratus-ratus ribu nepron membutuhkan stimulasi untuk berkembang, pada usia dini tersebut perkembangan otak sudah mencapai kurang lebih 60%, sehingga ketika mereka tidak mendapatkan stimulasi tumbuh kembang otak anak tidak akan optimun dan dapat dipastikan anak usia dini sebagai daya masa depan akan kualitas buruk.

"Dapat kami sampaikan bahwa di daerah yang kita cintai ini, telah dilaksanakan program PAUD sejak tahun 2007 lalu, sebagaimana kebijakan pemerintah dengan terbentuknya kelompok PAUD swadaya masyarakat dan bantuan dan APBD Kabupaten Sinjai sebanyak 248 Kelompok yang tersebar di sembilan Kecamatan", Kata Bupati saat membuka workshop tersebut.

Potensi Anak Usia Dini diwilayah layanan program PPAUD 13.098 anak dan yang terlayani 3.075 anak, kemudian yang dilayani program PAUD swadaya 2.056 orang anak.

"Pelaksanaan Workshop Peningkatan Kapasitas Stake Holders PPAUD tidak akan terlaksana dengan baik tampa apresiasi dan partisipasi aktif dari semua pihak, karena itu kami mengajak semua pihak yang terkait dalam program PPAUD untuk bersama-sama memprioritaskan pendidikan PAUD dan dapat bersinergi dengan baik", Jelas Rudiyanto sapaan Rudi.

Pada Workshop tersebut juga hadir Kepala Diknas Sinjai, Drs. Andi Grandyanto Asapa dalam hal ini diwakili Drs. H. Muh. Amir dan yang mewakili Dirjen Pendidikan Non Formal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Usai dibuka Bupati, dilanjutkan dengan materi oleh narasumber yang mewakili Ketua DPRD Sinjai, Kepala Diknas, Bappeda dan Dinas Kesehatan Sinjai. Acara tersebut juga diisi dengan diskusi, kemudian kunjungan lapangan. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger