Pages

Home » , , » Kuota Haji Sinjai 2011 Sebanyak 232 Orang

Kuota Haji Sinjai 2011 Sebanyak 232 Orang

Written By reportase chalik on 11 Jul 2011 | 01:00

*CHJ Akan Mengikuti Bimbingan Massal Pertama

SB - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sinjai kembali akan memberangkatkan sebanyak 232 jemaah asal sinjai ketanah suci mekah pada penyelenggaraan ibadah haji 2011.

"Jumlah itu berdasarkan ketetapan jumlah kuota dari Provinsi SulSel", Ungkap Kepala Kantor Kemenag Sinjai, H. Mudarak Dahlan melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Burhanuddin.

Untuk tahun ini, dari sekian ribu yang masuk dalam daftar tunggu haji, hanya 232 orang yang bisa diberangkatkan untuk melaksanakan ibadah haji, selebihnya akan menyusul secara bertahap sesuai jumlah kuota haji setiap tahunnya.

Dikatakan, Calon Jemaah Haji (CHJ) yang mendapatkan porsi atau yang akan diberangkatkan pada tahun ini berasal dari sembilan kecamatan.

"Jadi mereka ini adalah warga sinjai yang berdomisili disembilan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sinjai, yang insyaallah tak lama lagi akan diberangkatkan ke tanah suci untuk memenuhi rukum islam yang kelima", Terangnya.

Terkait dengan itu, maka kemenag saat ini mulai disibukkan dengan berbagai hal, seperti persiapan pengurus paspor CHJ dan kegiatan rutin setiap tahunnya yakni bimbingan atau manasik haji.

"Kita sudah adakan pertemuan dengan para CJH dan menyampaikan agar segera memenuhi apa yang menjadi syarat untuk pembuatan paspor tersebut", Jelas Burhanuddin ketika ditemui diruang kerjanya beberapa hari lalu.

Pembuatan paspor itu sendiri akan dilakukan di Kantor Imigrasi Makassar. Soal pembiayaannya, gartis karena telah dibebankan pada anggaran dana optimalisasi setoran awal biaya penyelenggaran ibadah haji (BPIH).

Kemudian, mengenai manasik haji juga segera akan dilakukan dimasing-masing kecamatan, namun sebelumnya akan diawali dengan Bimbingan Massal pertama yang rencananya, Senin (11/07) pekan depan di Mesjid Agung Nujumul Ittihat Sinjai.

"Manasik haji sendiri dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang berhaji atau pembekalan sebelum pemberangkatan menuju ketanah suci, sehingga nantinya ibadah haji para jemaah dapat berjalan baik", Jelasnya.

Ia berharap manasik ini nantinya dapat diikuti dengan baik oleh setiap CHJ, karena dengan manasik haji banyak hal yang dapat diketahui mengenai tata cara berhaji yang merupakan Rukun Islam.

"Semoga mereka yang mendapat panggilan Allah SWT untuk melaksanakan ibdah haji tahun ini diberi kesehatan, kekuatan dan keselamatan serta dijadikan haji yang mabrur", Pintanya. (**)

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger