Pages

Home » , , , » Polres Sinjai Amankan Ratusan Jeregen BBM Jenis Solar

Polres Sinjai Amankan Ratusan Jeregen BBM Jenis Solar

Written By reportase chalik on 25 Jul 2011 | 03:49

REPORTASE CHALIK, SB - Jajaran polres Sinjai berhasil mengamankan 340 jerigen atau sekitar 10 ton Bahan Bakar Minyak ( BBM ) jenis solar, yang diduga akan diselundupkan keluar daerah.

Penyitaan dilakukan aparat reskrim polres Sinjai, di pelabuhan penyeberangan kayu Tekolampe kecamatan Sinjai Utara, jumat ( 22/7 ) dinihari.

Namun sayang, saat polisi melakukan penggerebekan ditempat kejadian, tidak satupun pemilik solar ini yang tertangkap. Diduga informasi penangkapan ini bocor, sebelum petugas sampai di TKP. Akhirnya, polisi hanya mengamankan ratusan jerigen berisi solar tak bertuan ini, ke mapolres Sinjai.

Menurut kasat reskrim polres Sinjai, Iptu Sutomo, pihaknya akan tetap berupaya mencari dan menelusuri identitas pemilik solar tersebut. Pihaknya membantah, informasi penangkapan ini bocor, sehingga pemilik solar bisa melarikan diri.

"Kami akan tetap berupaya mencari dan menelusuri identitas pemilik solar ini," katanya saat dihubungi suara bersatu. Sutomo menambahkan bahwa, solar yang diamankan tersebut sudah siap angkut. Kuat dugaan, solar ini akan diselundupkan ke daerah lain.

Kendati tidak berhasil menangkap pemilik solar, namun menurut kasat reskrim, tetap akan melakukan proses penyidikan. Bila tertangkap, pelaku penimbunan dan penyelundupan BBM bersubsidi ini akan djjatuhi hukuman.

"Upaya penimbunan dan penyelundupan BBM jenis subsidi ini melanggar pasal 55 undang-undang No. 22 tahun 2001 tentang migas, dan pelaku akan kami jerat dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun", Ungkap Sutomo.

Upaya penimbunan dan penyelundupan BBM bersubsidi, memang saat ini marak terjadi disejumlah daerah. Tingginya konsumsi BBM menjelang Ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri, diduga menjadi salah satu pemicu sehingga sejumlah oknum tidak bertanggung jawab melakukan upaya penimbunan BBM. (**)

Copy Right @ 2011
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. REPORTASE CHALIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger